Ecobrick, Solusi Memanfaatkan dan Mengolah Sampah Plastik


Masalah sampah merupakan masalah yang tak henti-hentinya terselesaikan, dimana sampah tersebut sulit untuk terurai apalagi sampah plastik yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk terurai. Setiap hari rumah-rumah pastinya menghasilkan sampah-sampah organik maupun non organik. Salah satu TPA di kabupaten Cirebon ini bertempat di Ciledug, dimana setiap hari mobil-mobil pengangkut sampah membuang sampahnya ke TPA tersebut, tidak hanya dari Ciledug sendiri yang membuang ke TPA tersebut, bahkan dari kecamatan lain yang ada di kabupaten Cirebon membuangnya kesitu. Wilayah yang dekat dengan TPA tersebut merasakan dampak dari tempat pembuangan sampah, yang setiap harinya mencium bau sampah.

Coba kalau kita bayangkan untuk kedepannya setiap hari sampah yang dibuang, lama-lama akan menjadi bukit sampah yang akan menimbulkan masalah-masalah baru. Bayangkan juga apa yang dirasakan oleh masyarakat yang dekat lokasi tersebut. Tentunya dalam masalah ini, peran masyarakat dibutuhkan untuk melakukan solusi terhadap masalah sampah dan sadar akan menjaga lingkungan.
Dalam hal ini, solusi yang ditawarkan adalah dengan melakukan seni dalam memanfaatkan sampah plastik atau bisa disebut dengan “ECOBRICK”. Ecobrick sendiri sudah banyak dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Cara nya sangat mudah untuk melakukan hal ini. 
Yang perlu disiapkan adalah
  • 1.      Botol plastik bekas, baik yang besar maupun yang kecil.
  • 2.      Sampah plastik.
  • 3.      Kayu kecil.


Langkah-langkahnya
  • 1.      Pilihlah samah plastik kering, apabila basah bisa untuk dikeringkan terlebih dahulu.
  • 2.      Masukan sampah plastik ke dalah botol.
  • 3.      Gunakan kayu untuk memadatkan plastik yang ada di dalam botol.

Berikutnya adalah hasil akhir dari ecobrick, bagaimana jika botol sudah terisi penuh dengan sampah?
Ini kembali kepada ke kreatifan yang ada pada masyarakat, bisa untuk dibuat tempat duduk, bisa untuk membuat meja kecil, bahkan jika kita mencari informasi di internet, ecobrick ini bisa sebagai bahan tmabahan untuk membangun rumah.

Mudahkan cara untuk melakukan ecobrick? mari kita tingkatkan kecintaan dan kesadaran kita terhadap lingkungan. Apa salahnya menjaga lingkungan, mulailah dari diri sendiri kemudian ajak orang-orang terdekat untuk menjaga lingkungan dari masalah sampah.




Post a Comment

2 Comments

  1. keren min, semoga saja sampah plastik yang bertumpuk tumpuk saat ini, bisa di atasi ya , salah satunya ya dengan teknik pengolahan Ecobrick. Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Iya kang, mulai sedikit-sedikit gerakan yang baik, toh itu bisa bermanfaat bagi lingkungan sendiri

    ReplyDelete