Panduan Belajar Komputer Dengan Mudah Untuk Pemula

pasti sudah tidak asing dengan kata Komputer, saat ini komputer yang menjadi kebutuhan untuk menbantu aktifitas tertentu,  apa sih komputer itu?
Komputer merupakan rangkaian elektronik yang terdiri dari banyak komponen dimana setiap komponen memiliki peran masing-masing dalam melaksanakan fungsinya.
pengetian tersebut merupakan pengertian yang mudah untuk diingat. komputer berasal dari sejarah yang cukup singkat, seiring dengan penemuan-penemuan yang baru pada tahun 1900an, disitulah mulai orang-orang berfikir untuk menggabungkan beberapa penemuan dan akhirnya menjadi sebuah alat yang bernama komputer.
mulanya bentuk fisik komputer sangatlah besar, seiring perkembangan jaman, sekarang ini komputer ini sudah berubah bentuk dan bisa dibawa kemana-mana tanpa mengurangi fungsi dari komputer itu sendiri.

yang perlu diketahui dalam mempelajari komputer adalah

1. Mengenal Komputer
pada dasarnya komputer harus dikenali nama-nama perangkatnya, hafalkan susunan keyboard, ketahui pula penempatan tombol-tombolnya, serta ketahui lubang-lubang port yang dapat digunakan apabila ada perangkat lain yang akan digunakan atau dioperasikan pada komputer. hal itu perlu diketahui untuk memudahkan dalam mengoperasikan komputer.

2. Hidupkan dan Matikan Komputer dengan benar
langkah ini juga perlu diperhatikan dalam menggunakan komputer, menghidupkan komputer merupakan hal utama untuk menghidupkan komputer, jika sudah menghidupkan yang perlu diperhatikan kembali ialah cara mematikan komputer. perlu diketahui bahwa untuk mematikan komputer tidak sama dengan menghidupkan komputer, jika pada saat menghidupkan komputer yaitu menggunakan tombol power, maka pada saat mematikan komputer berbeda. pada saat mematikan bisa menggunakan tombol alt + f4 kemudian pilih shutdown, atau pilih menu windows klik gambar power kemudian pilih shutdown, jika mematikan dengan menekan tombol power, itu tidak disarankan karena akan merusak perangkat lain yang ada di dalam komputer.

3. tombol-tombol umum yang banyak digunakan
berikutnya adalah tombol-tombol yang sering digunakan dalam mengoperasikan komputer, kenapa harus mengetahui tombol-tombol tersebut? tujuannya adalah mempermudah atau mempercepat pekerjaan yang dilakukan. berikut ini tombol-tombol yang harus diketahui
alt + F4 : untuk mematikan aplikasi/komputer
ctrl + A : untuk memblok semua kalimat yang telah diketik/memblok dokumen yang ada
ctrl + C : untuk menyalin dokumen atau kata yang dipilih
ctrl + V : untuk menempatkan dokumen yang telah disalin
ctrl + X : untuk memindahkan dokumen yang telah dipilih
ctrl + S : untuk menyimpan dokoumen
ctrl + F : untuk mencari
itu merupakan beberapa fungsi tombol yang sangat mendasar untuk diketahui.

dalam tulisan ini semoga dapat bermanfaat untuk mempelajari komputer.

Post a Comment

0 Comments