6 Kebiasaan untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak




Otak merupakan bagian dari organ tubuh manusia yang sangat penting, karena otak memiliki peran yang sangat diperlukan dalam melakukan aktifitas sehari-hari.
Berikut ini merupakan hal atau kebiasaan sederhana yang dapat meningkatkan kecerdasan otak
  • Bermeditasi

Dengan cara meditasi bisa membuat diri lebih tenang, sehingga bisa memulihkan mental dalam diri. Ketika otak anda dalam kondisi kurang stabil dikarenakan telah melakukan sebuah pekerjaan yang membuat anda bekerja keras, terkadang menjadi lepas control akan kemampuan otak dan akibatnya akan berpengaruk terhadap mental yang mnjadi tidak stabil. Oleh karena itu meditasi sangatlah diperlukan agar keseimbangan kemampuan otak dalam berpikir bisa tetap terjaga dengan baik. 

  • Membaca

Belajar dan terus belajar, memang harus ditanamkan dalam pikiran. Dengan sering membaca. Maka bisa memperluas akan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Membaca juga menjadi salah satu factor utama dalam meningkatkan kecerdasan otak. Selain itu, membaca juga meningkatkan daya konsentrasi dalam menghadapi sebiah permasalahan yang ada, baik itu dalam urusan kerja maupun dalam hal lainnya.

  • Tidur yang cukup dan teratur

Hendaknya dalam mengatur pola tidru secara teratur. Dan perlu diketahui, bahwa otak juga memerlukan istirahat layakknya seperti tubuh dengan cara menerapkan waktu tidur kurang lebih 8 jam sehari. Maka hal demikian dapat menstabilkan kinerja otak. Sehingga otak bisa bekerja secara optimal ketika keesokan  harinya dalam melakukan segala aktifitas yang anda jalani. Namun apabila kurang tidur, hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Tentunya mengganggu konsentrasi otak dalam berpikir.

  • Mengkonsumsi makanan bergizi

terkadang seseorang membiasakan dirinya dalam perut kosong, sehingga tingkat konsentrasi dalam melakukan pekerjaan menjadi berkurang. Hal ini perlu untuk dihindari dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi yang tepat, maka anda bisa meningkatkan konsentrasi dalam berpikir secara lebih tepat dan sempurna. Sehingga hal ini juga bisa meningkatkan kecerdasan otak. Dan perlu diketahui, bahwa ada beberapa makanan yang bisa membantu meningkatkan konsentrasi seperti tomat, telur, dan lainnya. Yang semuanya itu juga menjadi factor pendukung untuk meningkatkan kecerdasan otak.

  • Olahraga

selain menjadikan tubuh tetap sehat, olahraga juga dapat meningkatkan kecerdasan pada otak. Karena dengan olahraga, maka aliran darah ke otak bisa lebih lancer. Sehingga hal itu dapat memicu kinerja otak lebih maksimal dan meningkatkan kecerdasan pada otak. Gaya hidup sehat ini, ada baiknya untuk diterapkan mulai dari saat ini.

  • Bermain teka-teki

bermain teka-teki layaknya seperti beberapa permainan yang bisa memicu otak supaya tetap aktif. Aktifitas seperti ini memang bisa diterapkan untuk meningkatkan kecerdasan pada otak. Oleh karena itu apabila anda membiarkan otak anda tidak bekerja terlalu lama, maka hal itu akan membuat diri anda menjadi malas untuk berfikir. Sehingga keceradasan otak anda tidak terlatih dan lambat laun akan menurun.

Post a Comment

0 Comments