Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan




Salah satu manfaat yang dapat dan langsung kita peroleh dari sinar matahri adalah membuat tubuh menjadi lebih segar karena tubuh secara langsung diberikan asupan vitamin D dari sinar matahari.

Lalu, apa hanya itu saja manfaat sinar matahari bagi kesehatan?
Dibawah ini merupakan beberapa manfaat sinar matahati bagi kesehatan

1. Menurunkan tekanan darah
Manfaat sinar matahari yang bagi kesehatan yang pertama adalah dapat menurunkan tekanan darah. Tekanan darah dapat turun jika kulit secara langsung terkena paparan sinar UV matahari. Hal ini dikarenakan didalam sinar matahri terkandung senyawa oksida nitrit yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan hal ini sudah terbukti kebenarannya melalui sebuah penelitian yang dilakukan oleh para pakar dari universitas edinburgh.

2. Mencegah kanker kulit jenis melanoma
Selain bisa membuat tubuh menjadi lebih segar, ternyata sinar matahari juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker kulit. Sinar matahari seperti yang diketahui selain mengandung UVA juga mengandung UVB. Sinar UVB inilah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan karena semakin sering kita terkena paparan sinar UVB semakin kecil pula resiko terkena serangan kanker kulit melanoma.

3. Membuat suasana hati lebih tenang
Jika dipikir sangat aneh memang bagaimana bisa sinar matahari bisa membuat suasana hati menjadi lebih tenang? Mengkin anda juga berpikiran seperti itu, tetapi jangan salah tubuh yang terkena paparan sinar UV matahari secara langsung dapat meningkatkan kadar hormon serotonin dalam tubuh. Hormon inilah yang memberi efek positif sehingga anda dapat terhindar dari serangan depresi, cemas, sedih serta masalah yang berhubungan dengan hati lainnya.
Semoga dapat bermanfaat

Post a Comment

0 Comments