Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan



Bawang putih merupakan salah satu umbi-umbian, umbi ini banyak teradapat pada masakan, tidak hanya menjadi penyedap dalam bumbu masakan.
Ternyata bawang putih juga memiliki banyak manfaat, bawang putih kaya akan vitamin B6, mangan, selenium, vitamin C dan beberapa mineral lainnya yang bagus untuk tubuh.
Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang dimiliki oleh bawang putih:
  • Mengusir kolesterol jahat

Bawang putih terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 10-15%, khususnya pada orang yang mengalami kolesterol tinggi.
  • Mencegah Alzheimer

Bawang putih mengandung antioksidan kuat yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif pada otak akibat radikal bebas.
  • Menjaga Kesehatan Tulang

Karena bawang putih terbukti dapat meningkatkan kadar hormon estrogen yang menurun pada wanita yang telah menopause(berakhirnya siklus menstruasi secara alami). Rendahnya hormon ini menjadi penyebab terjadinya osteoporosis(kondisi dimana berkurangnya kepadatan tulang) pada wanita.
  • Mengatasi Flu

Bawang putih juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga mampu menjadi obat alami untuk mengatasi flu. Banyak penelitian juga menyatakan bahwa pada bawang putih mampu mengurangi durasi flu sebanyak 1-2 hari.

Nah, sudah tau kan beberapa manfaat dari bawang putih.

Post a Comment

0 Comments