9 Tipe Kecerdasan

 


Sekolah merupakan awal banyak individu untuk mengetahui letak kecerdasannya ada dimana, kecerdasan tidak mesti bedasarkan nilai rapor yang berbentuk angka. Jika seseorang memiliki nilai akademik bagus, belum tentu orang itu cerdas dibidang lainnya, misal dibidang menggambar atau olahraga, begitupun sebaliknya. Apakah seorang atlet terkenal sekolah formal? Jawabannya ada yang iya atau tidak, bahkan banyak orang-orang cerdas yang tidak lulus sekolah formal. Tapi proses sekolah formal juga dapat menentukan kecerdasan seseorang dengan banyaknya interkasi, maka dia dapat mengoptimalkan kemampuannya.

Menurut Howard Gardner seorang yang menjadi tokoh pendidikan dan psikolog mengemukakan teori mengenai kecerdasan. Menurut beliau, kecerdasan tidak diukur melalui nilai akademik. Setiap individu dapat memiliki kecerdasan Intelektual maupun kecerdasan emosional. Oleh karena itu, berikut ini tipe-tipe kecerdasan yang dimiliki setiap individu

1. Kecerdasan linguistik Ditunjukkan dengan kemampuan menggunakan kata-kata dengan efektif dan menguasai bahasa, baik secara lisan maupun tulisan. Biasanya orang yang memiliki kecerdasan linguistik itu berprofesi sebagai Jurnalis, Penyair atau Pengacara.

2. Kecerdasan logika-matematika Keterampilan berhitung, berpikir logis, serta pemecahan masalah matematika. Profesi di pekerjaan ini biasanya sebagai ilmuan, programmer serta akuntan yang selalu bermain dengan data-data untuk menyimpulkan sesuatu.

3. Kecerdasan kinestetik Berkaitan dengan aktivitas fisik, seperti penguasaan gerakan olahraga dan menari. Pada kecerdasan kinestetik, profesinya sebagai atlet olahraga baik individu maupun kelompok

4. Kecerdasan spasial Kemampuan menerjemahkan pikiran atau imajinasi ke dalam bentuk visual. Serta mempunyai daya imajinasi secara tepat. Kecerdasan spasial profesinya dibidang design, arsitek.

5. Kecerdasan musikal Kepekaan terhadap nada, irama, ritme musik. Termasuk kemampuan untuk bernyayi, bersenandung, atau berekspresi menggunakan alat musik. Sudah tidak heran dengan kecerdasan musikan, musisi, penyanyi, pencipta lagu profesi yang sesuai dngan kecerdasan musikal.

6. Kecerdasan eksistensial Keingintahuan tinggi tentang tentang arti kehidupan, kematian dan realitas hidup. Filsup/filosofi adalah orang yang memiliki kecerdasan eksistensial seperti ini.

7. Kecerdasan naturalis Kemampuan mengenali alam sekitar dan peduli dengan sesama makhluk hidup. Untuk kecerdasan ini, biasanya profesi nya sebagai peternak, petani, penjelajah alam, pemerhati lingkungan, profesi ini juga sulit, karena harus memahami kondisi lingkungan, bagaimana caranya menanam tanaman sampai panen, atau bagaimana caranya membudidaya atau memelihara hewan ternak.

8. Kecerdasan interpersonal Kemampuan berkomunikasi secara efektif dengan orang lain. Ditandai dengan kemampuan beradaptasi, bekerja sama, berelasi dengan lingkungan teman sebaya dan orang di sekitarnya. Profesi dikecerdasan interpersonal biasnya sebagai guru, dosen secara umum.

9. Kecerdasan intrapersonal Kemampuan memahami diri sendiri dengan baik. Tidak mudah patah semangat, gigih berusaha, dan tidak minder. Misalnya ketika mengikuti perlombaan atau tampil depan umum. Profesi yang banyak pada individu yang memiliki kecerdasan ini yaitu sebagi pengarah, edukasi, vokasi.


Post a Comment

0 Comments